Monday, June 4, 2012

Survey Metode Belajar

Setelah penantian yang panjang dan juga hasil mengisi survey teman-teman yang lain yang jumlahnya juga terbilang "wow" akhirnya survey saya memenuhi kuota juga :') Hahahaha, lebayyy.....
Jadi kemaren itu kami ada tugas untuk buat survey online dari mata kuliah psikologi pendidikan. Saya memilih membuat survey tentang metode belajar yang cocok untuk mahasiswa.  Respondennya terdiri dari 60 0rang mahasiswa/i fakultas psiologi USU, namun satu diantaranya incomplete, sehingga total suara sah ada 59 orang.  Berikut nama-nama respondennya.



*Nama-nama responden:
  1.  Dina Maharani
  2.  Fania Felicia Magdalena Hutagalung
  3. Rizky Hasanah
  4. Rosliana Karolina
  5. Siti Rizky Kartika
  6. Defi Chairunisa
  7. Christyn Elisabeth Siagian
  8. Priscilla D R S
  9. Safrida Liasna Tarigan
  10. Andhika Satria Nasution
  11. Darmayantie Syahputri
  12. Atika Mentari Nataya Nst
  13. Putri Azura Ulandari
  14. Oktavia R R Putri
  15. Paskha Yohana
  16. Cynthia Marilyn Sitompul
  17. Cellia Elisabeth Saragih
  18. Dhara Puspita H
  19. Kristin Citra Napitupulu
  20. Tia Nahara Hendrati
  21. Aisyah Huwaida S
  22. Dwi Kartika Harahap
  23. Lusia Fitri Ayu Pardede
  24. Desy M Maloky
  25. Oktorianta
  26. Merinda Rika
  27. Mira Tantri Saragih
  28. Ariansyah
  29. M Yani Bagus Irianto
  30. Nenita Sari S G
  31. Laili Isrami
  32. Haifa Chairunnisa
  33. Firman A Sebayang
  34. Densi Wahyuni
  35. Devi Ramadana
  36. Yohana Chrisela
  37. Simson
  38. Agnes Crista
  39. Ratri P S
  40. Rika Damayanti
  41. Regina Anastasia
  42. Yap Rima Oktavya Sinaga
  43. Raffles Pardede
  44. Siti Habibah Radiathullah
  45. Ahmad Khalid
  46. Mellina Sialagan
  47. Janpringatan Purba
  48. Puspa Aryani Tantri
  49. Fitri Rahayu Silaen
  50. Gustina Handayani Harahap
  51. Fonds Novel
  52. Adolf Marchedin Purba
  53. Christine Natalia Tarigan 
  54. Rifany Saragih
  55. Novika Susi Lestari
  56. Edwin M Sirait
  57. Edberg Winson
  58. Vera Siregar
  59. Ade Haryanto Sagala
*Adapun komposisi pertanyaannya adalah 
  • Data Diri
Terdiri dari nama, tempat dan tanggal lahir, NIM, asal daerah, jenis kelamin, dan asal SMA
  • Enam buah pernyataan yang masing-masing terdiri atas 3 kategori; sesuai, netral, dan tidak sesuai
Pernyataan tersebut adalah:
  1. Saya lebih senang belajar berkelompok
  2. Menurut saya, metode belajar dengan presentasi sangat membantu
  3. Saya lebih memilih berkonsentrasi di kelas saat pelajaran berlangsung daripada harus mengulangi pelajaran di rumah
  4. Belajar dengan metode membaca lebih cocok dengan saya daripada mendengarkan
  5. Saya biasanya membuat catatan kecil mengenai hal-hal apa yang harus dipelajari ulang
  6. Saya lebih senang belajar sambil mendengarkan musik
*Hasil Survey
1. Saya lebih senang belajar berkelompok

Sesuai 25 orang (42, 37%)
Netral 26 orang (44, 07%)
Tidak Sesuai 8 orang (13, 56%)

2. Menurut saya, metode belajar dengan presentasi sangat membantu

Sesuai 38 orang (64, 41%)
Netral 18 orang (30, 51%)
Tidak Sesuai 3 orang (5, 08%)

3. Saya lebih memilih berkonsentrasi di kelas saat pelajaran berlangsung daripada harus mengulangi pelajaran di rumah

Sesuai 28 orang (47, 46%)
Netral 25 orang (42, 37%)
Tidak sesuai 6 orang (10, 17%)

4. Belajar dengan metode membaca lebih cocok dengan saya daripada mendengarkan

Sesuai 12 orang (20, 34%)
Netral 32 orang (54, 24%)
Tidak Sesuai 15 orang  (25, 42%)

5. Saya biasanya membuat catatan kecil mengenai hal-hal apa yang harus dipelajari ulang

Sesuai 39 orang (66, 10%)
Netral 12 orang (20, 34%)
Tidak Sesuai 8 orang (13, 56%)

6. Saya lebih senang belajar sambil mendengarkan musik

Sesuai  35 orang (59, 32%)
Netral 12 orang  (20,34%)
Tidak Sesuai 12 orang (20, 34%)

*Kesimpulan

Setelah melakukan survey terhadap metode belajar bagi mahasiswa, saya mengambil kesimpulan bahwa:

  • Belajar berkelompok cukup efektif diterapkan pada mahasiswa karena dengan begitu bisa saling bertukar ide dan pikiran. Apalagi jika belajar dengan teman sendiri tidak akan segan untuk menanyakan topik-topik yang masih kurang dipahami. Meskipun terkadang yang menjadi kendala adalah seringkali ditemukan bahwa belajar berkelompok malah digunakan menjadi kesempatan bergosip dan sebagainya. Ngobrol dengan teman memang akan menambah keakraban satu sama lain, tapi perlu diingat bahwa target dari belajar kelompok juga harus tetap tercapai.
  • Metode belajar presentasi cenderung lebih disukai mahasiswa. Presentasi ternyata cukup efektif dan membuat lebih semangat dan mengurangi jumlah mahasiswa yang ngantuk ataupun merasa bosan di kelas. Mungkin hal ini disebabkan teman sendiri yang berbicara sehingga lebih mudah dimengerti dan lebih santai 
  • Mahasiswa kebanyakan lebih memilih untuk berkonsentrasi di kelas saat pelajaran berlangsung daripada harus mengulangi di rumah. Karena sedikit banyaknya pelajaran disajikan dengan metode presentasi, perlu diperhatikan agar kelompok yang menyiapkan materi pelajaran saat itu agar mempersiapkannya dengan baik agar teman-temannya tidak mengalami kesalahpahaman mengenai materi tersebut.
  • Banyak mahasiswa tidak terlalu cocok dengan metode membaca. Kemungkinan hal ini disebabkan buku-buku yang disajikan dalam bahasa Inggris sehingga mahasiswa cenderung menganggap susah sebelum membaca materi. 
  • Mencatat hal-hal penting seperti pelajaran yang belum kita ketahui sangat membantu mahasiswa untuk mengejar ketertinggalannya mengenai topik tersebut. Jika mencatatnya, kemungkinan untuk lupa mempelajarinya ulang akan lebih kecil.
  • Belajar sambil mendengarkan musik lebih dipilih oleh mahasiswa. Namun, berdasarkan penelitian, ternyata belajar sambil mendengarkan musik tidak baik untuk otak. Hal ini disebabkan musik dapat merusak konsentrasi otak dan mengurangi kemampuan mengingat.


No comments:

Post a Comment