Setelah penantian yang panjang dan juga hasil mengisi survey teman-teman yang lain yang jumlahnya juga terbilang "wow" akhirnya survey saya memenuhi kuota juga :') Hahahaha, lebayyy.....
Jadi kemaren itu kami ada tugas untuk buat survey online dari mata kuliah psikologi pendidikan. Saya memilih membuat survey tentang metode belajar yang cocok untuk mahasiswa. Respondennya terdiri dari 60 0rang mahasiswa/i fakultas psiologi USU, namun satu diantaranya incomplete, sehingga total suara sah ada 59 orang. Berikut nama-nama respondennya.
*Nama-nama responden:
- Dina Maharani
- Fania Felicia Magdalena Hutagalung
- Rizky Hasanah
- Rosliana Karolina
- Siti Rizky Kartika
- Defi Chairunisa
- Christyn Elisabeth Siagian
- Priscilla D R S
- Safrida Liasna Tarigan
- Andhika Satria Nasution
- Darmayantie Syahputri
- Atika Mentari Nataya Nst
- Putri Azura Ulandari
- Oktavia R R Putri
- Paskha Yohana
- Cynthia Marilyn Sitompul
- Cellia Elisabeth Saragih
- Dhara Puspita H
- Kristin Citra Napitupulu
- Tia Nahara Hendrati
- Aisyah Huwaida S
- Dwi Kartika Harahap
- Lusia Fitri Ayu Pardede
- Desy M Maloky
- Oktorianta
- Merinda Rika
- Mira Tantri Saragih
- Ariansyah
- M Yani Bagus Irianto
- Nenita Sari S G
- Laili Isrami
- Haifa Chairunnisa
- Firman A Sebayang
- Densi Wahyuni
- Devi Ramadana
- Yohana Chrisela
- Simson
- Agnes Crista
- Ratri P S
- Rika Damayanti
- Regina Anastasia
- Yap Rima Oktavya Sinaga
- Raffles Pardede
- Siti Habibah Radiathullah
- Ahmad Khalid
- Mellina Sialagan
- Janpringatan Purba
- Puspa Aryani Tantri
- Fitri Rahayu Silaen
- Gustina Handayani Harahap
- Fonds Novel
- Adolf Marchedin Purba
- Christine Natalia Tarigan
- Rifany Saragih
- Novika Susi Lestari
- Edwin M Sirait
- Edberg Winson
- Vera Siregar
- Ade Haryanto Sagala
*Adapun komposisi pertanyaannya adalah
- Data Diri
Terdiri dari nama, tempat dan tanggal lahir, NIM, asal daerah, jenis kelamin, dan asal SMA
- Enam buah pernyataan yang masing-masing terdiri atas 3 kategori; sesuai, netral, dan tidak sesuai
Pernyataan tersebut adalah:
- Saya lebih senang belajar berkelompok
- Menurut saya, metode belajar dengan presentasi sangat membantu
- Saya lebih memilih berkonsentrasi di kelas saat pelajaran berlangsung daripada harus mengulangi pelajaran di rumah
- Belajar dengan metode membaca lebih cocok dengan saya daripada mendengarkan
- Saya biasanya membuat catatan kecil mengenai hal-hal apa yang harus dipelajari ulang
- Saya lebih senang belajar sambil mendengarkan musik
*Hasil Survey
1. Saya lebih senang belajar berkelompok
Sesuai 25 orang (42, 37%)
Netral 26 orang (44, 07%)
Tidak Sesuai 8 orang (13, 56%)
2. Menurut saya, metode belajar dengan presentasi sangat membantu
Sesuai 38 orang (64, 41%)
Netral 18 orang (30, 51%)
Tidak Sesuai 3 orang (5, 08%)
3. Saya lebih memilih berkonsentrasi di kelas saat pelajaran berlangsung daripada harus mengulangi pelajaran di rumah
Sesuai 28 orang (47, 46%)
Netral 25 orang (42, 37%)
Tidak sesuai 6 orang (10, 17%)
4. Belajar dengan metode membaca lebih cocok dengan saya daripada mendengarkan
Sesuai 12 orang (20, 34%)
Netral 32 orang (54, 24%)
Tidak Sesuai 15 orang (25, 42%)
5. Saya biasanya membuat catatan kecil mengenai hal-hal apa yang harus dipelajari ulang
Sesuai 39 orang (66, 10%)
Netral 12 orang (20, 34%)
Tidak Sesuai 8 orang (13, 56%)
6. Saya lebih senang belajar sambil mendengarkan musik
Sesuai 35 orang (59, 32%)
Netral 12 orang (20,34%)
Tidak Sesuai 12 orang (20, 34%)
*Kesimpulan
Setelah melakukan survey terhadap metode belajar bagi mahasiswa, saya mengambil kesimpulan bahwa:
*Kesimpulan
Setelah melakukan survey terhadap metode belajar bagi mahasiswa, saya mengambil kesimpulan bahwa:
- Belajar berkelompok cukup efektif diterapkan pada mahasiswa karena dengan begitu bisa saling bertukar ide dan pikiran. Apalagi jika belajar dengan teman sendiri tidak akan segan untuk menanyakan topik-topik yang masih kurang dipahami. Meskipun terkadang yang menjadi kendala adalah seringkali ditemukan bahwa belajar berkelompok malah digunakan menjadi kesempatan bergosip dan sebagainya. Ngobrol dengan teman memang akan menambah keakraban satu sama lain, tapi perlu diingat bahwa target dari belajar kelompok juga harus tetap tercapai.
- Metode belajar presentasi cenderung lebih disukai mahasiswa. Presentasi ternyata cukup efektif dan membuat lebih semangat dan mengurangi jumlah mahasiswa yang ngantuk ataupun merasa bosan di kelas. Mungkin hal ini disebabkan teman sendiri yang berbicara sehingga lebih mudah dimengerti dan lebih santai
- Mahasiswa kebanyakan lebih memilih untuk berkonsentrasi di kelas saat pelajaran berlangsung daripada harus mengulangi di rumah. Karena sedikit banyaknya pelajaran disajikan dengan metode presentasi, perlu diperhatikan agar kelompok yang menyiapkan materi pelajaran saat itu agar mempersiapkannya dengan baik agar teman-temannya tidak mengalami kesalahpahaman mengenai materi tersebut.
- Banyak mahasiswa tidak terlalu cocok dengan metode membaca. Kemungkinan hal ini disebabkan buku-buku yang disajikan dalam bahasa Inggris sehingga mahasiswa cenderung menganggap susah sebelum membaca materi.
- Mencatat hal-hal penting seperti pelajaran yang belum kita ketahui sangat membantu mahasiswa untuk mengejar ketertinggalannya mengenai topik tersebut. Jika mencatatnya, kemungkinan untuk lupa mempelajarinya ulang akan lebih kecil.
- Belajar sambil mendengarkan musik lebih dipilih oleh mahasiswa. Namun, berdasarkan penelitian, ternyata belajar sambil mendengarkan musik tidak baik untuk otak. Hal ini disebabkan musik dapat merusak konsentrasi otak dan mengurangi kemampuan mengingat.
No comments:
Post a Comment