Tugas Rahel
Marisa Saragih (11092) bersama Grace Sihotang(11058) dan Friska Pontoria LT (11106)
Kedudukan psikologisekolah dalam ilmu psikologi
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari
tentang perilaku dan proses mental .Banyak ketertarikan untuk mempelajari
perilaku individu di berbagai bidang seperti, Industri dan Organisasi,
pendidikan dan juga sekolah. Psikologi sekolah menjadi bagian dari ilmu psikologi
yang membantu menciptakan situasi yang mendukung bagi siswa dalam mengembangkan
kemampuan akademik dan sosialisasi anak serta berbagai potensi lainnya yang
dimiliki anak. Sebagai ilmu psikologi , psikologi sekolah juga juga berkaitan
dengan perilaku yang terjadi di ruang lingkup sekolah.
Perbedaan psikologi sekolah dan psikologi
pendidikan
Menurut kami, perbedaannya adalah kalau dalam
psikologi sekolah mencakup ruang lingkup dunia sekolah, iklim sekolah,
permasalahan sekolah dan kondisi sekolah. Psikologi sekolah berkonsentrasi pada
kegiatan mendiagnostik permasalahan di lingkungan sekolah. Sementara psikologi
pendidikan adalah salah satu cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada
cara memahami pengajaran dan pembelajaran dari lingkungan pendidikan. Psikologi
pendidikan mencakup konten psikologi belajar, pengukuran dan pengembangan tes
prestasi.
Fungsi sekolah sebagai agen perubahan
1. Sebagai tempat pembentukan karakter siswa
2. Mebantu anak dalam mengembangkan potensi yang
dimilikinya secara maksimal
3. Sebagai tempat bersosialisasi , tempat
mengenali dunia luar
Metode yang dapat digunakan dalam sistem
pengajaran di sekolah
1. Metode student center
§ KBK
§ PAKEM(Pendidikan aktif kreatif efektif dan
menyenangkan)
2. Teacher center
§ GBPP 1994
Permasalahan –permasalahan yang terjadi di
sekolah dan solusi penyelesaiannya
Ada beberapa jenis permasalahan yang sering
terjadi terhadap siswa di sekolah :
1. Permasalahan yang timbul dari dalam diri siswa
, misalnya kesulitan untuk memehami dirinya sendiri , kesulitan dalam
menyalurkan minat , bakat, dan kemampuan.
2. Masalah Pribadi dan sosial si anak , misalnya
kesulitan beradaptasi dengan lingkungan sekolah , tuntutan orang tua terhadap
anak
3. Pelanggaran akan peraturan sekolah seperti
membolos, mencontek , terlambat.
Solusi penyelesaian masalah
1. Konseling antara siswa dengan Guru BK , solusi
ini penting bagi siswa yang mengalami masalah pribadi dengan dirinya sendiri
atau juga dengan sosialnya
2. Memberikan tugas sesuai dengan kemampuan siswa
, kebanyakan siswa mencontek karena merasa tugas yang diterimanya terlalu berat
sementara terlalu banyak tuntutan dari keluarga agar siswa tersebut memperoleh
nilai bagus.
3. Melibatkan siswa dalam pembentukan peraturan
dalam proses belajar mengajar , misalnya tentang cara izin dari kelas, sehingga
siswa merasa dihargai sebagai bagian dari proses pembelajaran.
Fungsi dan peran psikolog sekolah dan perlunya
psikologi sekolah
§ Memberi penilaian terhadap Guru terkai dengan
inovasinya dalam mengajar dan juga intelegensi guru
§ Membantu peningkatan kualitas sekolah
§ Membantu menyelesaikan masalah siswa dan
sekolah yang tidak dapat diselesaikan guru BK
Pada dasarnya peran psikolog pendidikan berbeda
dengan guru BK . Peran psikolog Sekolah diperlukan khususnya dalam meningkatkan
kualitas sekolah dan membantu para guru dalam menghadapi siswa dan pencapaian
tuntutan kurikulum. Hal itulah yang membedakan Guru BK dan psikolog sekolah sehingga
diperlukan peranan psikolog sekolah.
Hal – hal yang diberikan dalam kaitannya dengan
psikolog sekolah
Ø Tes integensi
Ø Tes minat dan bakat
Ø Seminar / ceramah
Perbedaan antara Psikolog sekolah , Psikolog
Pendidikan dan Guru BK
Psikolog sekolah memberikan konseling pada
guru mengenai pembelajaran dan masalah dalam lingkungan sekolah sementara
psikolog pendidikan bertugas dalam menentukan standard kurikulum dalam proses
pengajaran di dunia pendidikan sedangkan Guru BK adalah guru yang memberikan bimbingan
dan konseling kepada siswa di sekolah untuk mengatasi permasalahan siswa
seperti mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya sendiri.
No comments:
Post a Comment