Monday, April 9, 2012

Seputar Psikologi Pendidikan

Tugas Rahel Marisa Saragih (11092) bersama Grace Sihotang(11058) dan Friska Pontoria LT (11106)

Kedudukan psikologisekolah dalam ilmu psikologi
 Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan proses mental .Banyak ketertarikan untuk mempelajari perilaku individu di berbagai bidang seperti, Industri dan Organisasi, pendidikan dan juga sekolah. Psikologi sekolah menjadi bagian dari ilmu psikologi yang membantu menciptakan situasi yang mendukung bagi siswa dalam mengembangkan kemampuan akademik dan sosialisasi anak serta berbagai potensi lainnya yang dimiliki anak. Sebagai ilmu psikologi , psikologi sekolah juga juga berkaitan dengan perilaku yang terjadi di ruang lingkup sekolah.
Perbedaan psikologi sekolah dan psikologi pendidikan
Menurut kami, perbedaannya adalah kalau dalam psikologi sekolah mencakup ruang lingkup dunia sekolah, iklim sekolah, permasalahan sekolah dan kondisi sekolah. Psikologi sekolah berkonsentrasi pada kegiatan mendiagnostik permasalahan di lingkungan sekolah. Sementara psikologi pendidikan adalah salah satu cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dari lingkungan pendidikan. Psikologi pendidikan mencakup konten psikologi belajar, pengukuran dan pengembangan tes prestasi.
Fungsi sekolah sebagai agen perubahan  
1. Sebagai tempat pembentukan karakter siswa
2. Mebantu anak dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya secara maksimal
3. Sebagai tempat bersosialisasi , tempat mengenali dunia luar

Metode yang dapat digunakan dalam sistem pengajaran di sekolah
1. Metode student center
§ KBK
§ PAKEM(Pendidikan aktif kreatif efektif dan menyenangkan)
2. Teacher center
§ GBPP 1994

Permasalahan –permasalahan yang terjadi di sekolah dan solusi penyelesaiannya
Ada beberapa jenis permasalahan yang sering terjadi terhadap siswa di sekolah :
1. Permasalahan yang timbul dari dalam diri siswa , misalnya kesulitan untuk memehami dirinya sendiri , kesulitan dalam menyalurkan minat , bakat, dan kemampuan.
2. Masalah Pribadi dan sosial si anak , misalnya kesulitan beradaptasi dengan lingkungan sekolah , tuntutan orang tua terhadap anak
3. Pelanggaran akan peraturan sekolah seperti membolos, mencontek , terlambat.
Solusi penyelesaian masalah
1. Konseling antara siswa dengan Guru BK , solusi ini penting bagi siswa yang mengalami masalah pribadi dengan dirinya sendiri atau juga dengan sosialnya
2. Memberikan tugas sesuai dengan kemampuan siswa , kebanyakan siswa mencontek karena merasa tugas yang diterimanya terlalu berat sementara terlalu banyak tuntutan dari keluarga agar siswa tersebut memperoleh nilai bagus.
3. Melibatkan siswa dalam pembentukan peraturan dalam proses belajar mengajar , misalnya tentang cara izin dari kelas, sehingga siswa merasa dihargai sebagai bagian dari proses pembelajaran.

Fungsi dan peran psikolog sekolah dan perlunya psikologi sekolah
§ Memberi penilaian terhadap Guru terkai dengan inovasinya dalam mengajar dan juga intelegensi guru
§ Membantu peningkatan kualitas sekolah
§ Membantu menyelesaikan masalah siswa dan sekolah yang tidak dapat diselesaikan guru BK
Pada dasarnya peran psikolog pendidikan berbeda dengan guru BK . Peran psikolog Sekolah diperlukan khususnya dalam meningkatkan kualitas sekolah dan membantu para guru dalam menghadapi siswa dan pencapaian tuntutan kurikulum. Hal itulah yang membedakan Guru BK dan psikolog sekolah sehingga diperlukan peranan psikolog sekolah.

Hal – hal yang diberikan dalam kaitannya dengan psikolog sekolah
Ø Tes integensi
Ø Tes minat dan bakat
Ø Seminar / ceramah
Perbedaan antara Psikolog sekolah , Psikolog Pendidikan dan Guru BK
 Psikolog sekolah memberikan konseling pada guru mengenai pembelajaran dan masalah dalam lingkungan sekolah sementara psikolog pendidikan bertugas dalam menentukan standard kurikulum dalam proses pengajaran di dunia pendidikan sedangkan Guru BK adalah guru yang memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa di sekolah untuk mengatasi permasalahan siswa seperti mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya sendiri.

No comments:

Post a Comment