Tuesday, April 24, 2012

Apa Manfaat Teknologi dalam Pendidikan?

Anggota kelompok:
·         Sakti Wibowo (101301016)
·         Islahati Batubara (111301008)
·         Grace Sihotang (111301058)

Pendapat kelompok kami mengenai:
1.      Dimana persinggungan antara teknologi dan pendidikan?
Menurut kami, teknologi  dalam dunia pendidikan memberikan dampak positif dan negatif.
Adapun dampak positifnya adalah yang pertama, teknologi dapat mempermudah pengajar dalam menyampaikan materi dengan cara yang tidak manual lagi. Contohnya adalah dengan penggunaan infocus dalam proses belajar mengajar. Dampak positif yang kedua adalah dapat memberikan gambaran yang lebih konkret. Misalnya dalam suatu materi mengenai hewan tertentu bagaimana bentuknya tidak lagi mengharuskan kita untuk mendatangi habitat si hewan secara langsung. Kita bisa melihatnya misalnya dengan video yang menunjukkan kehidupan si hewan. Dampak yang ketiga adalah dapat mempermudah kita dalam memproses informasi.
Adapun dampak negatif dari penggunaan teknologi dalam pendidikan menurut kami adalah yang pertama, adanya gangguan teknis yang menjadikan proses pembelajaran menjadi terganggu. Dalam hal ini bila ternyata teknologi yang kita gunakan tidak lagi membantu. Misalnya jika dalam proses pembelajaran mike-nya kurang berfungsi, maka akan menyulitkan kita untuk bisa mendengar suara dosen ataupun presenter di depan. Dampak negatif yang kedua adalah, akibat kemajuan teknologi, individu cenderung bersifat individualis dan kurang dalam kehidupan bersosialisasi. Contohnya adalah jika kita terlalu asik dengan hand phone ataupun komputer dan sejenisnya sehingga kita terjun terlalu dalam ke dunia maya sampai mengabaikan fakta bahwa manusia adalah makhluk sosial. Dampak negatif yang ketiga adalah sebagian individu sering menyalahgunakan teknologi, sehingga membuang waktunya dengan kegiatan yang kurang bermanfaat.

2.      Bagaimana konteks melek teknologi dibandingkan dengan keadaan di Indonesia, khususnya di Medan?

Dalam konteks melek teknologi ini, kami lebih menyoroti penggunaan internet. Penggunaan internet itu sendiri memiliki dampak positif dan negatif secara umum.

      Adapun dampak positifnya adalah yang pertama memudahkan kita dalam mencari informasi yang kita inginkan. Misalnya dengan bantuan mesin pencari yang dapat kita gunakan hampir untuk mencari tahu mengenai apa saja. Dampak positif yang kedua adalah mempersingkat waktu. Jika dibandingkan dengan mencari-cari informasi secara manual, penggunaan internet jauh lebih praktis dan cepat. Dampak positif yang ketiga adalah dapat mempermudah kita dalam berkomunikasi meskpun tidak bertatap muka. Misalnya fasilitas di internet berupa skype, ym, gtalk, dll.
      Sementara dampak negatifnya adalah yang pertama, adanya gangguan jaringan yang menghambat kita memproses informasi. Keadaan jaringan yang kurang baik menyebabkan kegiatan kita bisa terganggu. Dampak negatif yang kedua adalah karena adanya media internet, maka game online pun semakin mudah diakses. Seperti yang kita lihat akhir-akhir ini, banyak anak-anak bahkan sampai remaja yang kecanduan game online sehingga pagi siang malam menghabiskan waktu main game dan bahkan sampai bolos dari sekolah dan lupa waktu. Dampak negatif yang ketiga adalah situs-situs yang tidak sewajarnya pun mudah ditemukan di internet dan sering disalahgunakan orang-orang.
      Adapun di Medan, konteks melek teknologi-nya menurut kami pada beberapa sekolah sudah sesuai standard yang diharapkan, namun belum semua benar-benar menjalankan program tersebut. Jika ditinjau secara keseluruhan memang murid-murid sudah diperkenalkan dengan komputer dan internet. Anak SD pun sudah menggunakan internet untuk mengerjakan berbagai tugas. Namun pada hakekatnya, pada usia yang masih terbilang cukup dini, kita perlu melakukan pengawasan yang baik terhadap si anak saat sedang menggunakan komputer atau internet agar tidak terjadi penyalahgunaan, atau dengan kata lain si anak benar-benar di buat melek teknologi sehingga tau untuk apa teknologi tersebut digunakan dan kapan harus menggunakannya.
3.      Apa sudut pandang anda sebagai mahasiswa pendidikan mengenai ubiquitous computing?
Ubiquitous computing adalah suatu era dimana komputer-lah yang akan menyesuaikan diri dengan manusia dengan memaksa komputer untuk tetap eksis di dunia manusia. Menurut kami, jika dipandang dari segi pendidikan, hal tersebut akan cukup membantu.
      Alasan kami mengatakan bahwa ubiquitous computing akan membawa kita kepada kemajuan adalah karena dengan sistem komputer yang demikian, maka kita dapat mengakses informasi dengan mudah, kapanpun dan dimanapun tidak perlu lagi mencemaskan kita saat itu dimana dan sedang apa. Selain itu, hal tersebut juga membuat kita bisa lebih menghemat biaya mobilitas dari tempat yang satu ke tempat lainnya karena bisa mengakses informasi dimanapun. Dan yang ketiga tentu saja ubiquitous computing ini lebih ekonomis sehingga semua orang dapat menggunakannya. Contohnya yang bisa kita temukan sehari-hari adalah seperti adanya Black Berry, I-Pad, dan tablet.

Adapun pendapat kelompok lain mengenai :
1.      Ubiquitous computing
Menurut kelompok Clara, Lisdiana, dan Desima:
Ubiquitous computing adalah suatu era dimana komputer akan lebih berdistribusi ke lingkungan dari pada personal seperti pada PC (Personal Computer). Contohnya adalah adanya facebook atau skype.
Menurut kelompok 19
Suatu era saat kita dapat menemukan komputer dimana-mana, bahkan semua alat elektronk seperti telefon dan televisi juga ada jaringan internetnya.
Menurut kelompok 15
Komputer generasi ke tiga yaitu mengalami kemajuan dari waktu ke waktu
·         Main frame: 1 computer many people à dianggap kurang efektif
·         Personal computer: 1 computer 1 person à membuat manusia cenderung individualistis
·         Ubiquitous computing: 1 person many computer à lebih efektif dan efisien
Menurut kelompok Nissa, Edwin, Mentari, dan Angelia
Suatu era dimana komputer eksis di dunia manusia dan internet bisa diakses melalui perangkat seperti hand phone, gadget, smartphone, dan BB. Hal tersebut dikarenakan PC yang tidak bisa dibawa kemana-mana.
2.      Konteks melek teknologi di medan?
Menurut kelompok Rifany, Eldaa, Gustina, dan Mianty
Melek teknologi berarti semakin berkembang, hal tersebut dapat dilihat dari penggunaan media teknologi mulai dari SD. Contoh: tugas (PR) anak SD yang harus dicari dari internet. Itu berarti semakin tinggi grade, maka kebutuhan akan media teknologi juga akan semakin tinggi.


No comments:

Post a Comment